Nugroz85 Blog's

Thank's Anda Telah Berkunjung Di Blog Saya... Silakan Berikan Comment. ^_^


Your Ad Here

Saturday, May 16, 2009

Tips Mempercepat Loading Blog

. Saturday, May 16, 2009

Terkadang kita saat membuat atau memiliki sebuah blog atau web, ingin menampilkanya dengan design yang sebagus mungkin untuk menarik pengunjung berlama-lama di blog kita,namun perlu di perhatikan juga untuk segi loading blog tersebut apakah akan membuat lama saat dibuka, karena pengunjung akan malas berlama-lama saat blog/web yang dikunjunginnya terasa lama saat di buka, nah terkadang kita sering melupakan hal tersebut karena asik memperindah blog kita, sekedar mau sharing aja tentang beberapa cara untuk mempercepat loading blog kamu... yaa paling tidak dapat meningkatkan beberapa persen supaya lebih cepat loading, berikut tips2nya...


1.Tulisan/Post
Waktu muat blog bisa dipengaruhi oleh jumlah post pada halaman utama. Kamu bisa merubah jumlah post itu dari lokasi Setting | Formating Tab. Kemudian, pilih jumlah post sebanyak yang kau inginkan sebagai tampilan di halaman utama. Kami rekomendasikan menampilkan 10 post, atau kurang, di halaman utama. Lihat gambar di bawah yaa.........


2. Mengurangi jumlah penggunaan gambar
Penggunaan gambar akan sangat mempengaruhi kecepatan akses dari suatu blog, hal ini dikarenakan kapasitas untuk satu file saja bisa mencapai beberapa kilobyte(Kb) dan bisa perhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendownload 1 file gambar saja.

3. Mengelompokkan dan memisahkan bagian-bagian isi menjadi perhalaman
Hal ini sangat penting karena tips yang ketiga ini bermaksud agar halaman utama atau yang biasa disebut dengan halaman index tidak langsung menampilkan keseluruhan isi dari blog.

4. Kurangi banner-banner yang bergerak
Mungkin ini memang kebiasaan kita untuk bertukar banner, tapi alangkah baiknya kita pisahkan di bagian tertentu dan ukurannya kita perkecil lagi.

5. Sederhana dalam desain
banyak situs yang loadingnya cepat dikarenakan desain yang simpel. dengan tanpa paksaan mungkin anda bisa menerapkan hal ini di blog anda. diantara semua template. minima adalah yang paling simple. template lain memiliki gambar back ground yang memperlambar browser karena harus mengakses server terpisah untuk mengekstrak gambar.

6. Mengecek link
link buruk adalah link yang ketika di clik mengarahkan anda ke link yang invalid beberapa orang mempunyai blog roll atau pertukaran link. sebuah situs atau blog akan bekerja baik jika memiliki pertukaran link. sebulan kemudian munkin ada situs yang pindah atau berubah menjadi link buruk. perlu dilakukan pengecekan berkala untuk memastikan semua link yang kita punya valid.

7. Membersihkan html
untuk mereka yang memiliki pengetahuan HTML (Hyper Text Mark-up Language) cukup anda boleh melihat kode template anda. dan menyusutkan kodenya, tetapi tidak membuatnya sulit dan susah dibaca dan diedit kemudian hari.


ada beberapa tag kosong yang bisa anda buang. ini biasanya terjadi bagi orang yang sering menggunakan editor wysiwyg (what you see is what you get) untuk menulis kodenya. setelah beberapa editan, anda bisa membuang beberapa kode ini yang tidak memiliki apa apa diantaranya

<div> </div>
<font> </font>
<b> </b>
<i> </i>


tidak bermasalah membuang tag ini karena mereka tidak memiliki apa apa ketika tidak ada kata kata di antara tag, lakukan hal ini hanya jika anda familiar dengan kode html

8.Link dan Javascript
Agar kecepatan muat blog jadi optimal, kami rekomendasikan memakai Google/Blogger widgets, Javascript, dan link. Tapi, jika kamu memakai third party Javacript (Script Java dari pihak ketiga) dan link, blogmu akan muat lebih cepat jika itu semua ditaruh di bagian bawah blog. Jika kau tidak pakai Script Java dari Pihak ketiga dan link dalam sidebar, taruh semua itu di bawah sidebar.

9.Mengcompress CSS dalam blog anda
tujuannya adalah supaya blognya terbuka dengan cepat di browser. Sebenarnya konsep dari memperkecil waktu load blog kita adalah dengan mengcompress CSS agar ukurannya lebih kecil. Ikuti langkah ini untuk mengcompress CSS dalam blog anda: 1. Kunjungi website http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor/ 2. Masuk ke account blogger anda dan cari ke edit HTML, lalu expand widget template kode 3. Pada halaman Edit HTML, Code CSS biasanya terletak diantara kode <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin> . Copy semua kode CSS yang ada di antara 2 kode tersebut. 4. Masuk kembali ke web CSS compressor, pada compression mode pilih light dan pada comments handling pilih Don't strip any comments. 5. Paste kode yang telah anda copy dari edit HTML di box insert CSS code. 6. Klik tombol compress it dan tunggu sesaat maka anda akan mendapatkan kode CSS yang baru di dalam sebuah box. 7. Copy kembali kode CSS tersebut lalu paste lagi di tempat anda mengambilnya. Compress telah selesai.

Nah itulah beberapa tips yang mungkin sedikit bisa membantu teman2... smoga bermanfaat ya..
slamat mencoba...



Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Eiits.. Mau kemana abis baca, JANGAN LUPA dikomentarin ya...thx

 

About Me.....

About Me Myspace Comments
Sticker Kampanye Blogging
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by Nugroz85.Blogspot.com