Nugroz85 Blog's

Thank's Anda Telah Berkunjung Di Blog Saya... Silakan Berikan Comment. ^_^


Your Ad Here

Thursday, May 21, 2009

Bebaskan Tubuh Anda Tanpa Tembakau

. Thursday, May 21, 2009

Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization - WHO) telah menetapkan setiap 31 Mei sebagai "Hari Tanpa Tembakau Sedunia". Ini adalah cara WHO untuk mengajak masyarakat dunia untuk berhenti merokok.

smoking rokok berhenti lebah madu tembakauApakah Anda bukan perokok? Bagus! Anda mantan perokok? Selamat! Anda perokok, bahkan perokok berat? Saatnya untuk berhenti, Saudara! Disini akan memberi tes singkat untuk mengetahu wawasan pembacanya mengenai cara tembakau merusak tubuh manusia. Berikut ini sebagian pertanyaan, jawaban, dan penjelasan yang diberikan.

Sekitar 4.000 komponen kimiawi diproduksi saat tembakau mulai dibakar. Berapa komponenkah yang berpotensi menyebabkan kanker?
Jawaban: Dalam satu isapan rokok, Anda akan membawa 60 komponen karsinogen(pemicu kanker) ke dalam tubuh Anda. Selain ke-60 komponen itu, Anda juga akan mengisap ammonia (yang mengiritasi paru-paru), karbon monoksida (yang mengurangi oksigen di darah), metanol (racun yang terisap), hidrogen sianida (yang mengganggu fungsi pernapasan), dan formaldehid (mengiritasi bulu mikroskopis yang menutupi permukaan paru-paru). Walaupun demikian, mengunyah tembakau bukan berarti lebih baik daripada membakar lalu menghirup asapnya karena nikotin tetap masuk ke sistem tubuh Anda.

Setelah berhenti merokok, berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk menunjukkan efek positif?
Jawaban: Dua puluh menit setelah Anda mengisap rokok terakhir, Anda mulai merasakan perubahan yang akan berkembang positif sampai beberapa tahun berikutnya.

  • Detak jantung akan melambat dalam dua puluh menit.
  • Kadar karbon monoksida akan turun ke level normal dalam 12 jam.
  • Fungsi paru-paru akan berkembang dalam waktu dua minggu hingga tiga bulan.
  • Risiko terkena serangan jantung berkurang dalam waktu dua minggu hingga tiga bulan.
  • Batuk dan napas pendek-pendek akan berkurang dalam waktu satu hingga sembilan bulan.
  • Risiko terkena penyakit jantung koroner menjadi setengah dari mereka yang merokok selama setahun.

Apakah nikotin memberikan dapat membuat Anda merasa ketergantungan, sama seperti kokain?
Jawaban: Ya. Nikotin adalah zat kimia dalam tembakau yang membuat Anda tetap ingin merokok. Saat dihisap, terutama dengan hisapan yang cepat, dalam, dan banyak, nikotin kemudian memberikan efek ketergantungan seperti kokain. Alasannya, nikotin meningkatkan kadar dopamin. Dopamin adalah zat yang membuat Anda merasa senang. Saat dopamin dipaksa untuk menaik, maka proses kecanduan pun dimulai.

Berapa persenkah kemungkinan seseorang yang merokok sebelum usia 18 tahun menjadi seorang perokok reguler?
Jawaban: Semakin muda usia pertama merokok, semakin besar kemungkinan untuk menjadi perokok berat di usia dewasa. Survei menunjukkan, sepertiga sampel yang mulai merokok sebelum usia 18 menjadi perokok reguler setelah berada di usia dewasa.

Apakah merokok dapat mengganggu kesuburan?
Jawaban: Merokok dapat meningkatkan risiko gangguan kehamilan pada perempuan serta impotensi pada pria. Baik pria maupun perempuan, setiap perokok berisiko untuk mengalami infertilitas.

Apakah boleh mengisap rokok dengan kandungan tar dan nikotin rendah?
Jawaban: Anda tetap memiliki risiko-risiko kesehatan, seberapa rendahpun kandungan tar dan nikotin pada rokok yang Anda hisap. Anda dapat mengganti rokok Anda dengan rokok "ringan", namun itu tidak akan mengurangi risiko terkena kanker paru-paru, emfisema, serangan jantung, dan penyakit lainnya. Faktanya, pengisap " rokok ringan" memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena beberapa jenis kanker paru-paru daripada mereka yang mengisap "rokok berat".

Jadi, mengisap rokok yang "lebih ringan" bukanlah langkah untuk memperbaiki kesehatan Anda. Bila ingin menghentikan kerusakan akibat tembakau, maka Anda harus melakukan perubahan drastis!

BERHENTILAH!
Langkah yang paling utama adalah memiliki niat untuk berhenti merokok. Buang persediaan rokok Anda dan jangan pernah membelinya lagi. Jangan langgar niat Anda demi alasan sosial, karena Anda tetap bisa memiliki hubungan sosial yang baik tanpa harus memasukkan nikotin ke dalam paru-paru Anda. Jangan pula berpikir, "Ah, hanya sebatang dulu, nanti berhenti lagi." Kalau bukan Anda yang mematuhi rencana kesehatan Anda, siapa lagi?

smoking rokok berhenti lebah madu tembakau permen pelega tenggorokanIsaplah HD Proliz saat Anda merasakan godaan untuk merokok. Permen hisap akan bisa menutupi rasa tidak nyaman di dalam mulut Anda akibat ketergantungan pada rokok. Pun, mengisap tembakau selama beberapa lama akan membuat perokok mengalami iritasi tenggorokan dan batuk serta memiliki bau mulut tidak sedap. HD Proliz, dengan bahan alami bee propolis, licorice, dan menthol-nya akan membantu Anda mengatasi ketiga efek negatif tersebut. Pada dasarnya, permen apa saja pun bisa untuk bisa mengalihkan perhatian Anda, namun bila Anda bisa mendapatkan efek kesehatan tambahan, kenapa tidak mengonsumsi HD Proliz saja?

smoking rokok berhenti lebah madu tembakauJangan lupakan HD Clover Honey. Satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari akan membantu membersihkan dahak akibat merokok, karena HD Clover Honey memiliki khasiat sebagai pengencer dahak. Beberapa testimoni sudah membuktikan khasiat tersebut. Tidak perlu khawatir bila Anda batuk-batuk di saat baru memulai mengonsumsi HD Clover Honey, karena itu menandakan kalau HD Clover Honey mulai aktif "membersihkan" tenggorokan Anda.

Minta pula dukungan orang-orang terdekat Anda. Saat Anda mulai tergoda, mereka akan bisa mengingatkan Anda. Mereka juga yang akan memotivasi Anda saat Anda gagal menolak godaan itu. Jangan menyerah bila Anda pernah gagal. Kegagalan berhenti merokok bukan berarti Anda tidak boleh mencoba lagi atau Anda tidak akan pernah sukses!



Artikel Terkait:

7 komentar:

Bani Biasa said...

saya tau berhenti merokok tu susah (walo saya bukan perokok), tapi selama punya kemauan yang kuat, pasti bisa!!

zaMee said...

ini yang posting ngerokok ga?? :-/ mojok terus ditangga. . :D

AD1N said...

nice info gan.... lanjutkan...;))

ritz said...

mantab.. artikelnya.. :D

herlin83 said...

kereeennn...mudah2an bisa tambah pengetahuan..dan bagi perokok ya mudah2an bisa insaf....:D

doanco said...

Aku sm dengan yang komen diatas. Ngerokok gak bung??? Sehat butuh gak yaa????

Health Partners said...

aku nda suka rokok , aku gak seneng ngisep penyakit ,kalo agan gmana?




sekalian mau numpang ijin promosi blog tentang:
Lose water weight in day
mohon maap kl tidak berkenan
terima kasih

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Eiits.. Mau kemana abis baca, JANGAN LUPA dikomentarin ya...thx

 

About Me.....

About Me Myspace Comments
Sticker Kampanye Blogging
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by Nugroz85.Blogspot.com