Nugroz85 Blog's

Thank's Anda Telah Berkunjung Di Blog Saya... Silakan Berikan Comment. ^_^


Your Ad Here

Friday, April 17, 2009

Trik Membuat Kotak Komentar di Bawah Posting Blogspot

. Friday, April 17, 2009

Nah, ada trik di blogspot yang bisa digunakan agar kotak komentar berada langsung dibawah area postingan(bahasa "dewanya" embedded bellow post :p). Apa sih wujud dari tips kali ini? Jawabannya silahkan di tarik scrolnya kebawah..perhatikan kotak komentar saya langsung nongol dibawah postingan detail, dan jangan lupa diisi...:p

Baiklah saya tidak akan panjang lebar, langsung saja kita praktekan trik blogspot kali ini yaitu Membuat Kotak Komentar di Bawah Postingan Blogspot. Oia, ada beberapa trik yang bisa dilakukan sesuai kondisi blogspot Anda dan akan saya bagi menjadi beberapa bagian:

1. Trik/tips Pertama
Setelah login ke dashboard, masuk kebagian setting, lalu comment, dan pada pilihan menu item Comment Form Placement(Peletakan Form Komentar) pilih embedded bellow post. Simpan perubahannya dan lihat hasilnya.

2. Trik/tips Kedua
Jika cara diatas belum berhasil, sekarang masuklah kebagian editing template via html. Yaitu tab menu Layout->Edit Html
- "tik" expand widget template
- cari kode dibawah ini:


--------->> Perhatikan kode tidak harus sama persis karena tergantung dari template yang digunakan, biasanya terjadi sedikit perbedaan, oleh sebab itu tidak perlu mencari yang spesifik sama dengan kode diatas tetapi cukup sebagian saja. Misalnya pada script

Cara ketiga ini ditempuh setelah mencoba cara no. 1 tetapi tidak berhasil, dan mencoba cara kedua tetapi tidak dapat menemukan kode yang saya maksud. Untuk itu lakukan beberapa langkah dibawah ini:
- cari kode seperti dibawah ini:


---------->> Perhatikan sekali lagi, di dalam mencari usahkan tidak terlalu fokus dengan kode seperti diatas, dipotong saja setidaknya tidak sampai akhir karena sebagian template berbeda dalam pengkodeannya.
- jika ditemukan, tambahkan kode dibawah ini tepat dibawah kode diatas:



Well, sekali lagi kita dipusingkan dengan hanya meletakkan kotak komentar dibawah postingan oleh blogspot. Mungkin pembaca sekalian berpikiran kalau wordpress lebih baik dalam kasus ini. Saya sendiri sependapat, tetapi inilah tantangan ngeblog di blogspot, dengan begini kita bisa ngerti dikit-dikit koding, secara sambil belajar bahasa pemrograman :p

Catatan terakhir: sebenarnya jika para pembaca sekalian menggunakan template default yang disediakan oleh blogspot, maka untuk membuat kotak komentar dibawah postingan cukup melakukan langkah satu saja sudah dapat dipastikan berhasil. Cara no. 2 dan 3 dikhususkan untuk yang meng-advance templatenya.

Dan catatan terakhir sekali lagi :p adalah berdasarkan googling dan blogging saya diinternet, kebanyakan menyarankan kalau kita login kedashboard dari draft blogger dan menggunakan bahasa Inggris, klik disini untuk menuju kesana. Kenapa? karena menu yang ditampilkan lebih lengkap sehingga lebih maksimal.



Artikel Terkait:

1 komentar:

ingga said...

thanx bgt buat triknya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Eiits.. Mau kemana abis baca, JANGAN LUPA dikomentarin ya...thx

 

About Me.....

About Me Myspace Comments
Sticker Kampanye Blogging
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by Nugroz85.Blogspot.com