Nugroz85 Blog's

Thank's Anda Telah Berkunjung Di Blog Saya... Silakan Berikan Comment. ^_^


Your Ad Here

Sunday, May 24, 2009

Bagaimana Jika Facebook Di Haramkan

. Sunday, May 24, 2009

Ada-ada saja dengan negriku indonesia ini, ketika saya sedang browsing ada berita disebuah situs surat kabar yang membahas tentang Bagaimana Jika Facebook Di Haramkan, pastinya anda sudah tidak asing lagi kan dengan situs pertemanan yang satu ini, memang facebook sekarang sudah menjadi sangat ramai dan penggunanya juga sudah jutaan, oke klo gitu langsung saja kita beritanya

Keinginan para ulama di Jawa Timur yang ingin memfatwakan Facebook, mendapat tentangan keras dari para Facebokers (sebutan bagi pengguna Facebook). Menurut mereka para ulama itu, harus memberikan dalil yang tepat sebelum mengeluarkan keputusan tersebut.

"Fatwa ini sungguh tidak realistis. Ulama itu harus menunjukkan dalil yang tepat karena Facebook juga memberikan dampak yang positif, kok," sungut Chandra Wirawan salah satu aktivis Facebook.

Ditambahkan juga, situs jejaring sosial seperti Facebook itu justru mempunyai peraturan yang sangat ketat. Salah satu contohnya, jika pengguna Facebook menampilkan foto dari dada ke atas, maka pengelola akan segera menutupnya. Jadi bisa dibilang, Facebook sudah mempunyai filter sendiri.

Selain itu, menurut pria berusia 28 tahun tersebut, kalau ulama itu mau menghadang jejaring sosial, sebaiknya jangan hanya Facebook saja. Masih banyak situs jejaring sosial lain seperti, Friendster, ataupun Myspace. Dan bila memang seperti itu, sama saja ulama melarang penggunaan internet masuk ke Indonesia.

"Kegiatan di dunia maya memang membutuhkan interaksi antara laki-laki dan perempuan. Dan itu tergantung dari masing-masing pribadi dalam mengontrolnya. Malah bisa dibilang, yang mengawasi kegiatan dunia maya itu, hanya dirinya dan malaikat," tegasnya.

Beberapa pengguna lain yang intens mengelola Facebook pun memiliki pendapat mereka masing-masing, namun pada intinya semua memberikan satu suara yang bulat, yaitu menyayangkan sikap MUI jika Facebook akan difatwakan haram.

"Gak setuju kalau main Facebook sampai dibilang haram. Masalahnya selama ini yang saya lihat lebih banyak kebaikannya dibanding keburukannya," ujar Cempaka ketika ditanya pendapatnya oleh Okezone. Mahasiswi 21 tahun ini pun menambahkan, Facebook sangat membantunya dalam keep in touch dan menemukan kembali teman-teman lama.

Hal senada diungkapkan pengguna Facebook lainnya, Adinda, 23 tahun, seorang jurnalis salah satu media online mengatakan keberatannya soal fatwa haram Facebook.

Sementara itu, Apriarto, 27 tahun, mengatakan tidak terlalu masalah baginya andai Facebook diharamkan. Dia berpendapat fenomena ini merupakan sebagian kecil dari dampak booming internet di seluruh dunia.

Namun Apriarto menghubungkannya dengan fenomena serupa yang pernah terjadi sebelumnya, karena hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Di berbagai belahan negara lain juga sudah banyak keberatan para pemuka agama atas dampak negatif berbagai situs jejaring sosial.

"Kebetulan memang Facebook yang tengah marak saat ini. Tapi jika baru sekarang MUI memberikan perhatian atas dampak buruk booming internet, kemana saja MUI selama ini? hari gini kok baru berkomentar?" tandasnya



Artikel Terkait:

14 komentar:

kakara said...

kalau facebook diharamkan..Internet, email, hp, televisi juga harus diharamkan... karena semua media tersebut tergantung tujuan pemakaiannya...bisa positif bisa negatif .
TFS frenz :)

Bani Syahroni said...

mereka ga tau asiknya facebook

Dani Nugroz said...

kayanya emang gitu..gmn dia bisa tau itu baik ato tidak klo belumnya mencobanya..

zhoe said...

setuju bro, facebook emang asyik. menjalin ukhuwah islamiyah, soale aq ketemu ama fren-fren ku yg dulu sempat pisah. fatwa haram mungkin ulah oknum2 tertentu.

anggaarie said...

wah bakal banyak protes kalo diharamkan

TOMATO said...

KENAPA GA SEKALIAN AZ TU INTERNET DI HARAMKAN BIAR BALIK KE JAMAN PURBA kwakwkakw !! =))

Jualan Barang said...

aq dukung....fb is zionis :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :|

irvan said...

sy ga ngerti alesanx sampe mau dibikin haram ?
karna terlalu booming kali ya hahaha

OnnieBOX said...

gawat

Timontius Pangestu said...

Ulama nya gmana seh, apanya yang haram !!! Situs pertemanan kok dibilang haram. Bukti dulu dunk baru ngomong...Kok bs bs nya...

dewi tantri said...

nyantai aja.. hidup facebook....

zaMee said...

kebijakan yg tidak mendasar, bener kata Kakara, kalo pesbuk diharamkan, seharusnya TV,HP,DigiCam,dan alat2 yg bisa menyebabkan orang melakukan tindakan yg negatif harus di cap haram semua donk, dan kalo itu sampe terjadi, yaa jadilah masyarakat indonesia menjadi masyarakat yg Terbelakang!!

http://zamiedotnet.blogspot.com

Dedy said...

MUI emang sudah keterlaluan, Masak keputusan dari segelintir orang mau mengikat kepentingan 200juta lebih orang indonesia??
ingat men, cuma segelintir orang aja!!!
kalau bangsa indonesia memegang teguh musyawarah mufakat harusnya gak bisa yang kayak gitu dunkz....

Dedy said...

btw aku juga punya cerita nih soal SMS dan MMS haram. Mampir donk.! :D
http://masded.com/2009/06/sms-dan-mms-juga-haram/

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Eiits.. Mau kemana abis baca, JANGAN LUPA dikomentarin ya...thx

 

About Me.....

About Me Myspace Comments
Sticker Kampanye Blogging
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by Nugroz85.Blogspot.com